SURAT AN NASHR BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA

Surah An-Nasr adalah surah ke-110 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 3 ayat dan termasuk surah Madaniyah. An Nasr berarti "Pertolongan". Allah Swt. berfirman, “Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan” (QS. An-Nashr: 1). Ayat ini, sejatinya, sedang mengingatkan orang-orang yang beriman, bahwa yang memberikan kemenangan atau kesuksesan hanyalah Allah Swt. Tanpa pertolongan-Nya tak akan ada seorang pun yang berhasil. Hanya Dia yang membuat manusia bisa berhasil dan sukses. Perintah dari Tuhan agar bertasbih memuji-Nya, dan minta ampun kepada-Nya di kala terjadi peristiwa yang menggembirakan.

SURAT AN NASHR BAHASA ARAB

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللهِ وَالْفَتْحُ

وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِيْ دِيْنِ اللهِ أَفْوَاجًا

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ قلى إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا

BACAAN SURAT AN NASHR LATIN

"Bismillahirrahmanirrahim"

1. Idza jaa anasrullahi waalfat-h

2. Waroaytan nasa yadkhuluna fidinillahi afwaja

3. Fasabbih bihamdi rabbika wastaghfir-h innahu kana tawwaba

TERJEMAHAN SURAT AN NASHR BAHASA INDONESIA

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"
1. Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan.
2. Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong,
3. maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.

KHASIAT DAN KEISTIMEWAAN DARI SURAT AN NASHR

1. Barang siapa yang rutin membaca surat an-nashr di dalam atau selesai sholat sebagai wirid maka keinginannya akan segera dikabulkan dan ditambah imannya dan keyakinannya.
2. Barang siapa membaca surat An-Nashr maka seakan-akan ia telah membaca separoh dari Al-qur’an

HUBUNGAN SURAT AN NASHR DENGAN SURAT AL LAHAB

Surat An Nashr menerangkan tentang kemenangan yang diperoleh Nabi Muhammad s.a.w. dan pengikut-pengikutnya, sedang surat Al Lahab menerangkan tentang kebinasaan dan siksaan yang akan diderita oleh Abu Lahab dan isterinya sebagai orang-orang yang menentang Nabi.
Diriwayatkan bahwa surat ini merupakan belasungkawa untuk Nabi, karena Muhammad saw telah menunaikan risalahnya secara sempurna. Jika telah menunaikan tugas, beliau akan segera bertemu dengan Pertemanan Tertinggi, Allah Azza wa Jalla. Sebagian sahabat memahami esensi surat ini lalu menangisi Rasulullah

Berkata Ibnu Umar: “Surat Idzaa Jaa-a ini turun di Mina ketika Haji Wada’ (Haji Rasulullah yang terakhir, atau Haji Selamat Tinggal). Kemudian itu turunlah ayat “Al-Yauma Akmaltu Lakum Diinakum.” (Surat 5, ayat 3). Setelah ayat itu turun, 80 hari di belakangnya Rasulullah SAW pun wafat. Sesudah itu turun pulalah ayat Al-Kalalah (Suray 4, An-Nisa’, ayat 175 penutup Surat), maka 50 hari sesudah ayat itu turun, Rasulullah SAW pun kembalilah ke hadhrat Tuhan. Kemudian turunlah ayat “Laqad Jaa-akum Rasuulun Min Anfusikum.” (Surat 9, At-Taubah, ayat 128), maka 35 hari setelah ayat itu turun beliau pun meninggal. Akhir sekali turunlah ayat “Wattaqquu Yauman Turja’uu-na Fiihi Ilallaah.” (Surat 2, Al-Baqarah ayat 281). Maka 21 hati setelah ayat itu turun, beliau pun meninggal.

Comments

  1. INGIN CARI DUIT DENGAN CEPAT, MUDAH, DAN PASTI MENGHASILKAN UANG DARI INTERNET? Lupakan cara lama anda, kini saatnya kerja Smart dengan dukungan sistem hebat, yang bekerja secara otomatis 24 jam Non-Stop. Segera Bergabung bersama kami di Bisnis Online yang luar biasa ini dan Upgrade Web Replika Anda Hanya Rp.25.000,- sekali seumur hidup dan dapatkan PASIF INCOME 20rb hingga 500rb perhari.Ini bisnisnya 👇👇

    http://www.mesinpencetakuang.com/?id=mediakaya

    hub WA 085235619896

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SURAT AD DHUHA BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA

SURAT AL FIL BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA

SURAT AT-TIN BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA