SURAT AZ-ZALZALAH BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA

Surah Az-Zalzalah adalah surat ke-99 dalam Al-Qur'an. Surat ini terdiri atas 8 ayat dan tergolong pada surat Madaniyah. Surat ini diturunkan setelah surah An-Nisa'. Nama Az-Zalzalah diambil dari kata Zilzaal yang berarti 'goncangan' dan terdapat pada ayat pertama surat ini.

SURAT AZ-ZALZALAH BAHASA ARAB

بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ

إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا

وَأَخْرَجَتِ الْأَرْضُ أَثْقَالَهَا

وَقَالَ الْإِنسَانُ مَا لَهَا

يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا

بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَىٰ لَهَا

يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِّيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ

فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ

وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ

BACAAN SURAT AZ-ZALZALAH LATIN

"Bismillahirrahmanirrahim"

1. idzaa zulzilati al-ardhu zilzaalahaa

2. wa-akhrajati al-ardhu atsqaalahaa

3. waqaala al-insaanu maa lahaa

4. yawma-idzin tuhadditsu akhbaarahaa

5. bi-anna rabbaka awhaa lahaa

6. yawma-idzin yashduru alnnaasu asytaatan liyuraw a’maalahum

7. faman ya’mal mitsqaala dzarratin khayran yarahu

8. waman ya’mal mitsqaala dzarratin syarran yarahu

TERJEMAHAN SURAT AZ-ZALZALAH BAHASA INDONESIA

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"
1. Apabila bumi diguncangkan hingga gempar,
2. Serta bumi mengeluarkan hal-hal yang terpendam dari dalamnya,
3. Sehingga manusia mengatakan: "Ada apa dengan ia?"
4. Pada Hari itu ia menjelaskan riwayatnya;
5. Karena sungguh Tuhanmulah yang kelak memerintahkan ia.
6. Pada Hari itu umat manusia bermunculan dari kubur dalam keadaan berkelompok-kelompok, supaya diperlihatkan kepada mereka; berbagai amal mereka,
7. Barangsiapa yang memperbuat kebaikan seukuran zarrah, maka kelak orang itu akan mendapati hal tersebut,
8. Sedangkan barangsiapa yang memperbuat kejahatan seukuran zarrah, maka kelak orang itu akan mendapati hal tersebut.

KHASIAT DAN KEISTIMEWAAN DARI SURAT AZ-ZALZALAH

1. Imam Qurthubi menyampaikan bahw ada 3 surat dalam al quran yang membacanya beberapa kali sama dengan membaca semua al Quran yang diberikan kepada 3 surat yakni : Al Zalzalah (surat ke 99), Al Kafirun (surat ke 109) dan Al Ikhlash (surat ke 112)

2. Imam Tirmidzi meriwayatkan dari Anas bin Malik, ia berkata bahwa, Nabi Saw bersabda :
Siapa saja membaca surat Idza Zulzilat, maka baginya sama dengan setengah Al Quran, siapa saja membaca Qul ya ayyuhal kafirun, maka baginya sama dengan seperempat Al Quran dan siapa saja membaca Qul Huawallahu Ahad maka baginya sama dengan sepertiga Al Quran.

3. Dari Abdullah bin Amr bin Ash bahwa seorang lelalki datang kepada Rasulullah Saw, lalu berkata : Bacakanlah untukku wahai Rasulullah : Lalu Rasulullah Saw bersabda :
Bacalah tiga surat yang mempunyai Alif Lam Ra, Lelaki itu berkata : Usiaku sudah lanjut dan lidahku juga telah berat. Rasulullah Saw bersabda lagi : Bacalah surat yang mempunyai Sabbaha. Lelaki itupun mengucapkan demikian. Tetapi wahai Rasulullah, bacakanlah untukku surat yang telah menghimpun semuanya, lalu saya membacanya, Rasulullah Saw bersabda : Apabila bumi telah diguncangkan dengan goncangannya yang dahsyat…sampai akhirnya : Siapa saja membaca kebaikan sebesar biji sawi, niscaya ia melihatnya. Dan siapa saja beramal keburukan sebesar biji sawi, niscaya ia melihatnya (Surat Al Zalzalah).
Surat al-zalzalah menjeleaskan tentang kejadian hari kiamat. Allah menjelaskan bahwa kejadian hari kiamat  ditandai dengan  bumi bergetar dan bergoncong dengan gonconganyang sangat dahsyat. Begitu kuatnya goncangan itu mengakibatkan semua yang ada diperut bumi seperti logam, bebatuan, logam, harta-harta terpendam, termasuk mayat-mayat isi kuburan berhamburan keluar. Gambaran kengerian akibat goncangan itu antara lain :
1. Perempuan yang sedang menyusui anaknya akan melupakan anaknya
2. Perempuan yang sedang hamil akan keguguran kandungannya.
3. Manusia kebingungan hingga seperti orang yang mabuk.

Pada ayat ketiga Allah mengungkapkan bahwa orang-orang yang berkesempatan menyaksikan dan mengalami kejadian yang dahsyat dan belum pernah terjajdi itu, terperanjat dan berkata, “ apa gerangan yang terjadi pada bumi ini, “ ? manusia ketakutan melihat fenomena alam yang terjadi dihari itu. Saat terjadi goncangan yang dahsyat itu, bumi seakan akan ingin menjelaskan kepada manusia bahwa kejadian yang belum pernah terjadi ini tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku di alam semesta dalam keadaan biasa.

Dalam ayat ini juga dijelaskan bahwa pada waktu terjadinya kerusakan dan kehancuran bumi serta terjadinya alam baru dan kehidupan baru, muncullah manusia yang berbeda-beda. Orang-orang yang beramal baik tidak sama dengan orang jahat. Orang yang taat tidak sama dengan orang yang berbuat maksiat. Mereka dbangkitkan untuk diperlihatkan oleh Allah kepada mereka apa yang telah mereka lakukan dan untuk hasil usaha mereka selama hidup di dunia.


Barang siapa beramal baik walaupun amal itu seberat atom atau sekecil apapun, niscaya akan menerima hasilnya, begitu juga sebaliknya, bagi mereka yang berbuatan kejahatan walaupun seberat atom niscaya akan merasakan balasannya

Comments

Popular posts from this blog

SURAT AD DHUHA BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA

SURAT AL FIL BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA

SURAT AT-TIN BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA