SURAT AL MA’UN BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA

Surah Al-Ma'un adalah surah ke-107 dalam Al-Qur'an. Surah ini tergolong surah Makkiyah dan terdiri atas 7 ayat. Di antara surat Makkiyah (yang turun sebelum hijrah) atau surat Madaniyah (yang turun setelah hijrah). Kata Al Maa'uun sendiri berarti bantuan penting atau hal-hal berguna, diambil dari ayat terakhir dari surah ini. Pokok isi surah menjelaskan ancaman terhadap mereka yang tergolong menodai agama yakni mereka yang menindas anak yatim, tidak menolong orang yang meminta-meminta, riya' (ingin dipuji sesama manusia) dalam salatnya, serta enggan menolong dengan barang-barang yang berguna.

SURAT AL MA’UN BAHASA ARAB

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ

فَذَلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ

وَلا يَحُضُّ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِينِ

فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ

الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلاتِهِمْ سَاهُونَ

الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ

وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ

BACAAN SURAT AL MA’UN LATIN

"Bismillahirrahmanirrahim"
1. Ara-aital-ladzii yukadz-dzibu biddiin(i)
2. Fadzalikal-ladzii yadu’uul yatiim(a)
3. Walaa yahudh-dhu ‘ala tha’aamil miskiin(i)
4. Fawailul(n)-lilmushalliin(a)
5. Al-ladziina hum ‘an shalaatihim saahuun(a)
6. Al-ladziina hum yuraa-uun(a)
7. Wayamna’uunal maa’uun(a)
TERJEMAHAN SURAT AL MA’ UN BAHASA INDONESIA

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"1. Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?2. Itulah orang yang menghardik anak yatim,3. Dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.4. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat,5. (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya,6. orang-orang yang berbuat riya,7. dan enggan (menolong dengan) barang berguna.
KHASIAT DAN KEISTIMEWAAN DARI SURAT AL MA ‘UN

1. Dorongan untuk memberi makan anak yatim dan orang miskin serta menganjurkan hal itu.
2. Penetapan Akidah kebangkitan, perhitungan, dan balasan.
3. Menjaga shalat dan memelihara waktunya serta ikhlas dalam melakukannya, begitu pula dalam melakukan amalan yang lain.
4. Dorongan untuk melakukan kebaikan dan mengeluarkan barang yang biasa digunakan. Karena Allah mencela siapa saja yang tidak melakukanya.
5. Peringatan dari sifat-sifat orang munafiq
6. Bila surah tersebut dibacakan pada barang pecah belah seperti gelas,piring,cawan dan peralatan dapur yang lain, maka dengan izin Allah barang-barang tersebut tidak akan mudah pecah.
7. Selain itu siapa saja yang mau membacanya secara rutin setiap hari setelah mengerjakan sholat Fardhu dan sama sekali belum berbicara, maka do'anya akan mudah terkabul.
Sungguh, betapa Allah menyayangi kita. Mengapa? Karena, Dia tidak menghendaki dari kita untuk diri-Nya Yang Maha Suci dan Maha Kaya, tetapi Dia menghendaki kebaikan dan kemashlahatan untuk kita sendiri. Dia menghendaki kebaikan untuk kita. Dia menghendaki kesucian hati dan kebahagiaan kehidupan kita. Dia menghendaki kehidupan yang tinggi bagi kita—kehidupan yang didasarkan pada perasaan yang bersih, saling bekerja sama, sifat yang mulia, rasa cinta, persaudaraan, dan kejernihan hati dan perilaku.

Ke manakah ummat manusia pergi jauh kebaikan ini? Dari rahmat ini? Dari puncak ketinggian yang indah lagi mulia? Ke mana pergi untuk memerosokkan dan menjerumuskan diri ke dalam kesestaan jahiliyah yang gelap dan kotor, padahal di hadapan mereka ada cahaya di persimpangan jalan?

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

SURAT AD DHUHA BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA

SURAT AL FIL BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA

SURAT AT-TIN BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA