SURAT AL BAYYINAH BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA

Surat Al-Bayyinah yang dalam bahasa indonesia berarti "Pembuktian" adalah surah ke-98 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri dari 8 ayat dan termasuk golongan surat-surat Madaniyah karena diturunkan di kota madinah, surah Al-Bayyinah diturunkan sesudah surah At-Talaq. penamaan Al-Bayyinah (Pembuktian) diambil dari perkataan Al-Bayyinah yang terdapat pada ayat pertama surat ini.
Surat ini tidaklah panjang dan cukup pendek sehingga mudah dihafal dan biasanya sering dibawakan oleh Imam saat melaksanakan sholat berjamaah. untuk lebih jelasnya berikut ini bacaan surat Al Bayyinah ayat 1 sampai dengan 8 dalam teks/tulisan arab dan latin lengkap beserta arti bahasa indonesianya.

SURAT AL BAYYINAH BAHASA ARAB

بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ

لَمْ يَكُنِ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ مُنفَكِّينَ حَتَّى تَأْتِيَهُمُ الْبَيِّنَةُ

رَسُولٌ مِّنَ اللَّهِ يَتْلُو صُحُفًا مُّطَهَّرَةً

فِيهَا كُتُبٌ قَيِّمَةٌ

وَمَا تَفَرَّقَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِن بَعْدِ مَا جَاءتْهُمُ الْبَيِّنَةُ

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاء وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا أُوْلَئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُوْلَئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ

جَزَاؤُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا رَّضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا 
عَنْهُ ذَلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهُ

BACAAN SURAT AL BAYYINAH LATIN

"Bismillahirrahmanirrahim"

1. lam yakuni alladziina kafaruu min ahli alkitaabi waalmusyrikiina munfakkiina hattaa ta'tiyahumu albayyinatu

2. rasuulun mina allaahi yatluu shuhufan muthahharatan

3. fiihaa kutubun qayyimatun

4. wamaa tafarraqa alladziina uutuu alkitaaba illaa min ba’di maa jaa-at-humu albayyinatu

5. wamaa umiruu illaa liya’buduu allaaha mukhlishiina lahu alddiina hunafaa-a wayuqiimuu alshshalaata wayu'tuu alzzakaata wadzaalika diinu alqayyimati

6. inna alladziina kafaruu min ahli alkitaabi waalmusyrikiina fii naari jahannama khaalidiina fiihaa ulaa-ika hum syarru albariyyati

7. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati ulaa-ika hum khayru albariyyati

8. jazaauhum ‘inda rabbihim jannaatu ‘adnin tajrii min tahtihaa al-anhaaru khaalidiina fiihaa abadan radhiya allaahu ‘anhum waradhuu ‘anhu dzaalika liman khasyiya rabbahu

TERJEMAHAN SURAT AL BAYYINAH BAHASA INDONESIA

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang".
1. “Orang-orang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang musyrik (mengatakan bahwa mereka) tidak akan meninggalkan (agamanya) sebelum datang kepada mereka bukti yang nyata,”
2. “(yaitu) seorang Rasul dari Allah (Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran yang disucikan (Al Quran),”
3. “Di dalamnya terdapat (isi) Kitab-kitab yang lurus”.
4. “Dan tidaklah berpecah belah orang-orang yang didatangkan Al Kitab (kepada mereka) melainkan sesudah datang kepada mereka bukti yang nyata”.
5. “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan mengikhlaskan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus”.
6. “Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk”.
7. “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk”.
8. “Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga ´Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya”.

KHASIAT DAN KEISTIMEWAAN DARI SURAT AL BAYYINAH

1. Bila ada wanita yang hamil kandunganya sering gugur atau janinya sering hilang dalam kandungan maka bacalah surat bayyinah tiap malam.Juga sebagai ikhtiyar agar bayi selamat ketika melahirkan.
2. Bila ada seorang muslim dan muslimat mendadak ragu ragu dalam keimananya padahal dia sadar itu perkara yang kurang baik,bacalah surat albayyinah 7x tiap malam agar pembisik keimanan segera menyingkir sebelum kita tergelincir.
3. Bila ada yang mengalami sering mimpi basah,atau bertemu lawan jenis dalam kapasitas sering atau berlangganan, perbantaklah membaca surat albayyinah dg tartil sebelum tidur.
4. Bila ada seseorang yang sakit perut yang tak diketahui jenis penyakitnya paramedis juga bingung,atau seseorang yang sakit tak bisa kentut,atau penyakit perut yang lain,carilah kunyit yang masih tertanam hidup,lalu bacalah surat buruuj 3x,setelah selesai membaca cabutlah kunyit twrsebut.lalu parutlah dan peras airnya masukan dalam gelas lalu bacakan surat albayyinah 7x dan tiupkan ke air kunyit twrsebut.minumkan pada orang yang sakit perut tadi insya alloh mujarab.

Comments

Popular posts from this blog

SURAT AD DHUHA BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA

SURAT AL FIL BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA

SURAT AT-TIN BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA