SURAT AL FALAQ BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA

Surah Al-Falaq adalah surah ke-113 dalam Al-Qur'an. Nama Al-Falaq diambil dari kata Al-Falaq yang terdapat pada ayat pertama surah ini yang artinya waktu subuh. Surat ini tergolong surah Makkiyah. Inti dari Surah ini adalah perintah agar umat manusia senantiasa memohon perlindungan kepada Allah SWT menghadapi segala keburukan yang tersembunyi.

SURAT AL FALAQ BAHASA ARAB

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَق ِ

مِن شَرِّ مَا خَلَق َ

وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَب َ

وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَد ِ

وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَد َ

BACAAN SURAT AL FALAQ LATIN

"Bismillahirrahmanirrahim"

1. Qul a'udzu birobbil falaqi

2. Min syarri ma kholaqo

3. Wamin syarri ghosiqin idza waqoba

4. Wamin syarrin naffatsati fiil 'uqadi

5. Wamin syiarri hasidin idza hasada

TERJEMAHAN SURAT AL FALAQ BAHASA INDONESIA

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang".
1. “Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh,”
2. “dari kejahatan makhluk-Nya,”
3. “dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,”
4. “dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul,”
5. “dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki".

KHASIAT DAN KEISTIMEWAAN DARI SURAT AL FALAQ

1. Aisyah mengatakankan:bahwa Rasulullah s.a.w. pada setiap malam apabila hendak tidur, Beliau membaca Surat Al-Ikhlas, Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas, ditiupkan pada kedua telapak tangan kemudian disapukan ke seluruh tubuh dan kepala.
2. 'Uqbah bin' Amir mengatakan, ketika saya sesat jalan dalam suatu perjalanan bersama dengan Rasulullah s.a.w., Beliau membaca Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas dan akupun disuruh Beliau juga untuk membacanya.
3. Sayyidiah' Ali r.a. mengatakan: pernah Rasulullah s.a.w. digigit kala, kemudian Beliau mengambil air garam. Dibacakan Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas laludisapukan pada anggota badan yang digigit kala tadi.
4. Barang siapa terkena penyakit karena perbuatan syaitan atau manusia, hendaklah membaca Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas sebanyak 41 kali selama 3 hari, 5 hari atau 7 hari berturuh-turut.
5. Barang siapa yang takut akan godaan syaitan atau manusia atau takut dalam kegelapan malam, atau takut kejahatan manusia, bacalah Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas sebanyak 100 kali.

HUBUNGAN SURAT AL FALAQ DENGAN SURAT AN NAAS

1. Kedua-duanya sama-sama mengajarkan kepada manusia, hanya kepada Allah-lah menyerahkan perlindungan diri dari segala kejahatan.
2. Surat Al Falaq memerintahkan untuk memohon perlindungan dari segala bentuk kejahatan, sedang surat An Naas memerintahkan untuk memohon perlindungan dari jin dan manusia.

Itulah beberapa Manfaat Surat Al Falaq yang bisa saya sampaikan dan jelaskan kepada anda. Dan semoga artikel ini dapat membantu, dapat berguna dan dapat bermanfaat bagi anda, sehingga setelah melihat penjelasan dari ayat, terjemahan,artinya dan manfaat-manfaat ayat tersebut, anda menjadi sering mengamalkan Bacaan Surat Al Falaq ini baik saat mengerjakan Sholat Wajib maupun Sholat Sunnah.

Comments

Popular posts from this blog

SURAT AD DHUHA BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA

SURAT AL FIL BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA

SURAT AT-TIN BACAAN, TERJEMAHAN, MANFAAT, KEAMPUHAN DAN KANDUNGANNYA